Kata Mutiara

With education, you can move into a new experience of life.

Login Form



.
Sejarah SDN Ujung Menteng 04 Pagi
Jumat, 06 November 2009 10:53
SDN Ujung Menteng 04 Pagi terletak di Jl. Irigasi RT 001 RW 08 Ujung Menteng Wilayah Kecamatan Cakung Jakarta Timur. Sebelum tahun 1978 gedung sekolah ini, yang bergabung dengan SDN Ujung Menteng 01 Pagi berada di Lokasi SD Al-Falah (sekarang Yayasan Al-Ishlah) di JL. Raya Bekasi Km. 26 BKU, Bekasi, Jawa Barat. Pada saat itu dipimpin oleh Ibu Rat.

Pada saat terjadi pengembangan wilayah DKI Tahun 1977/1978, Ujung Menteng masuk kedalam wilayah DKI Jakarta bagian Timur. SDN Ujung Menteng 01 Pagi terpecah menjadi dua SD, yaitu SDN Ujung Menteng 01 Pagi yang dipimpin oleh H. Rakip dan SDN Ujung Menteng 04 Pagi yang dipimpin oleh H. Umar Khairi.  Lokasi SDN baru ini terletak di tengah sawah, tengah perkampungan, dekat Balai Bibit Perikanan. Sedangkan SDN Ujung Menteng 01 Pagi terletak satu lokasi dengan SMPN 193 Jakarta.

Pada tahun 1978/1979, H. Umar, Marsidi ( Ketua RW ) dan guru-guru berinisiatif untuk menguruk, menimbun dan menggali tanah seputar sekolah dan melaksanakan penghijauan sehingga keadaan sekolah menjadi lebih baik.

Tahun 1984, keadaan SDN Ujung Menteng maju pesat baik keadaan sekolah maupun muridnya, sehingga berdasarkan evaluasi oleh Dinas P & P, SDN ini dijadikan sebagai salah satu sekolah Percontohan di DKI Jakarta.  Hanya satu sekolah yang dapat menjadi sekolah percontohan dalam satu kecamatan.

 

Setelah berkarya selama 16 tahun dan menjadikan SDN Ujung Menteng sebagai sekolah yang terbaik, Bapak H. Umar dimutasikan ke SDN Cakung Barat 16 Pagi pada tahun 1996 dan digantikan oleh Ibu Rohani Tanjung.

Pada tahun 1998, SDN Ujung Menteng mendapat kesempatan untuk dievaluasi oleh Tim Evaluasi Universitas Indonesia mengenai kemajuannya sebagai SD Percontohan. Hasil yang didapat adalah kualitas murid yang sangat bagus namun sayang tidak didukung oleh keadaan fisik sekolah. Kondisi bangunan SDN ini tidak mendukung sebagai SD Percontohan, gedung yang ada hampir roboh dan penuh dengan rayap.

Pada tahun 1998, sekolah direhab total oleh Pemda DKI Jakarta. Agar kegiatan belajar dan pembelajaran murid tidak terhenti dan terganggu, atas kebaikan masyarakat Ujung Menteng dan terutama keluarga BP3, H. Moekri Muhabar, kami diberi tumpangan di rumah tua dan yayasan Al-Ishlah. Pada tahun 1999, SDN Ujung Menteng 04 Pagi pindah lagi ke kantor Kelurahan Ujung Menteng.

Pada tanggal 20 Oktober 2000, secara resmi, SDN Ujung Menteng pindah kembali dan menempati sekolah lama dengan kondisi baru. Tanggal 9 Agustus 2000, SDN Ujung Menteng 04 Pagi kembali ditetapkan sebagai Sekolah Percontohan berdasarkan SK Gubernur No. 2073 / 2000.Tahun 2002, berdasarkan SK Presiden Republik Indonesia No. 7/Pens/2002 tertanggal 8 Maret 2002, Ibu Hj. Rohani Tanjung memasuki masa purnakarya digantikan oleh Ibu L.S Sudarminiatun sebagai petugas Pelaksana Harian.

Pada tahun 2003, SDN Ujung Menteng 04 Pagi dapat merampungkan pembangunan Mushola dan pengadaan peralatan drumband yang pada waktu itu dijabat oleh Ibu Tien Yuniati, S.Pd. status sekolah SDN Ujung Menteng 04 Pagi menjadi sekolah Percontohan tingkat kecamatan. Selama satu tahun mempersiapkan lomba gugus, SDN Ujung Menteng 04 Pagi meraih juara I lomba gugus tingkat nasional sebagai SD inti di Gugus XII pada tahun 2004. Selanjutnya pada tahun 2004 otulah SDN Ujung Menteng 04 Pagi naik satu peringkat menjadi SDN Percontohan tingkat Kotamadya Jakarta Timur.

Pada tanggal 28 Agustus 2006, terjadi mutasi kepala Sekolah antar SD Percontohan, Ibu Tien Yuniati,S.Pd dimutasikan ke SDNP. IKIP Jakarta, dan Bapak Drs. Suparman  dimutasikan kle SDN Ujung Menteng 04 Pagi.

Pada tahun 2007, pada masa kepemimpinan Bapak Drs. Suparman, SDN Ujung Menteng 04 Pagi berupaya meningkatkan kegiatan di bidang akademik maupun penataan dan penambahan sarana dan prasarana sekolah diantaranya :

  1. Pembangunan Ruang Workshop PTD (Pendidikan Teknologi Dasar)
  2. Rehabilitasi perpustakaan dan kantin.
  3. Penambahan ruang belajar 4 ruang ( 2 Lantai ) dengan dana swadaya dari masyarakat peduli pendidikan dan Komite Sekolah.

Terhitung tanggal 1 juli 2007 Kepala Sekolah SDN Ujung Menteng 04 Pagi Bapak Drs. H. Suparman purna tugas/pensiun sehingga kepemimpinan dijabat oleh Bapak Mudjimin, Ama.Pd sebagai Pejabat Pelaksana Harian (PLH) hingga tanggal 31 Juli 2009.

Prestasi akademik secara umum terus meningkat dan tetap eksis mempertahankan Percontohan Tingkat Kotamadya. Pada bulan Mei 2008, SDN Ujung Menteng 04 Pagi dikukuhkan menjadi Sekolah Standar Nasional (SSN). Jika Allah berkenan SSN SDN Ujung Menteng 04 Pagi tidak terlalu lama disandang dan berharap ingin mewujudkan menjadi Sekolah Bertaraf Internasioanal (SBI). Doa restu dari seluruh keluarga besar SDN Ujung Menteng 04 Pagi beserta semua penguru komite dan aparat pendidikan dibawah komando dinas Pendidikan Dasar Kecamatan Cakung.

Mulai 1 Agustus 2009 hingga sekarang SDN Ujung Menteng 04 Pagi dipimpin oleh  Dra. Hj. Sri Widayati.  Dengan membawa misi besar beliau ingin mengangkat derajat sekolah ini ke taraf yang lebih tinggi yaitu SBI.  

 

Pencarian Cepat

Cerita Anak Terkini